Jasa pembuatan peraturan perusahaan menawarkan solusi untuk menyusun peraturan perusahaan yang sesuai dengan ketentuan. Jika ditelusuri lebih lanjut, peraturan perusahaan menjadi pondasi utama bagi keberlangsungan suatu usaha.
Lantas, siapa yang membuat peraturan perusahaan di perusahaan? Kewenangan tersebut merupakan kewajiban dan tanggung jawab dari pendiri usaha atau pihak manajemen. Umumnya, penyusunan peraturan perusahaan dibuat oleh departemen sumber daya manusia.
Pengertian Peraturan Perusahaan
Peraturan perusahaan merupakan rangkaian ketentuan yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk mengatur ketentuan terkait hak, kewajiban, dan tata tertib seluruh karyawan. Ketentuan tersebut menjadi pedoman utama dalam setiap penyelesaian masalah.
UU Peraturan Perusahaan mengatur secara jelas rincian ketentuan yang wajib ada dalam peraturan perusahaan. Mulai dari pelaksanaan jam kerja, aturan terkait cuti, pembayaran upah, hingga ketentuan terkait pengakhiran hubungan kerja.
Jasa pembuatan peraturan perusahaan umumnya menganut dasar-dasar yang tercantum dalam UU Nomor 14 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Oleh karena itu, prosesnya tetap menyesuaikan aturan yang berlaku.
Tujuan Pembuatan Peraturan Perusahaan
Aturan pembuatan peraturan perusahaan memiliki pedoman yang jelas dan rinci. Dalam hal ini, proses pembentukan peraturan perusahaan memiliki sejumlah tujuan yang akan dicapai. Berikut penjelasan tentang 5 tujuan dari pembuatan peraturan perusahaan.
1. Memuat Hak dan Kewajiban Perusahaan serta Karyawan
Peraturan terkait hak dan kewajiban memberikan rincian yang jelas tentang tanggung jawab masing-masing pihak. Baik perusahaan maupun karyawan mempunyai pedoman yang gamblang terkait perannya.
Terdapat beberapa hak yang menjadi milik karyawan. Misalnya saja upah, jam istirahat, jaminan kesehatan, dan cuti. Sementara hak milik perusahaan terdiri atas penetapan kebijakan, memberi sanksi, dan menyusun jabatan karyawan.
Karyawan juga memiliki kewajiban untuk menjalankan tugas dengan baik, mematuhi peraturan, hingga menjaga kerahasiaan perusahaan. Di sisi lain, perusahaan wajib membayar upah karyawan, memberikan hak cuti, hingga menyediakan lingkungan kerja yang aman.
2. Mencegah Timbulkan Konflik
Dasar pembuatan peraturan perusahaan mengatur secara jelas bahwa pembuatan peraturan perusahaan memiliki tujuan untuk menghindari konflik. Konflik yang muncul dapat selesai dengan menyepakati peraturan perusahaan.
Potensi konflik yang timbul antara karyawan dengan perusahaan kerap terjadi dalam berbagai kesempatan. Bila hal ini terjadi, perselisihan dapat selesai dengan memegang pedoman peraturan perusahaan.
Dengan adanya peraturan perusahaan, potensi konflik yang muncul dapat penyelesaian. Hubungan kerja yang profesional antara karyawan dengan perusahaan juga dapat tercipta dengan baik.
3. Menyediakan Perlindungan secara Hukum
Adanya peraturan perusahaan yang menganut undang-undang membuktikan bahwa karyawan dan perusahaan memiliki perlindungan secara hukum. Tindakan yang merugikan salah satu pihak dapat mellaui proses secara hukum.
Peraturan perusahaan tidak hanya untuk memenuhi kewajiban. Namun, juga menjadi strategi perlindungan hukum bagi masing-masing pihak. Baik perlindungan untuk karyawan maupun pihak perusahaan.
4. Menunjukkan Nilai Profesionalisme
Ketentuan pembuatan peraturan perusahaan menunjukkan bahwa proses penyusunan peraturan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Nilai profesionalisme perusahaan juga dapat tercermin melalui peraturan yang ada.
Penyusunan peraturan perusahaan yang baik juga dapat meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Tingkat kepercayaan mitra bisnis dan konsumen ikut meningkat jika perusahaan memiliki pengelolaan yang profesional.
5. Menjaga Kedisiplinan dan Ketertiban
Pada dasarnya, setiap peraturan yang ada berguna untuk menjaga kedisiplinan dan ketertiban. Baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan kerja. Dengan adanya aturan yang gamblang, karyawan dapat memahami tanggung jawab miliknya.
Dalam dunia kerja, karyawan dan perusahaan memiliki batasan masing-masing. Aturan yang kurang jelas sering kali menimbulkan lingkungan kerja yang tidak tertib. Hal ini perlu diminimalisir sedini mungkin agar tidak menimbulkan kerugian.
Penyedia Layanan Jasa Pembuatan Peraturan Perusahaan
Pemilik usaha dapat mengoptimalkan kepatuhan hukum dengan memanfaatkan layanan jasa pembuatan peraturan perusahaan dari Jasa Pembuatan PT. Penyusunan peraturan perusahaan memiliki peranan yang penting dalam keberlangsungan usaha.
Tidak hanya sekedar dokumen biasa, peraturan perusahaan harus sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Proses penyusunan peraturan perusahaan memerlukan pertimbangan yang adil bagi karyawan maupun perusahaan.
Solusi terbaik untuk membantu pemilik usaha menyusun peraturan usaha yakni memanfaatkan bantuan untuk menyusun peraturan perusahaan. Layanan pembuatan peraturan perusahaan yang profesional dapat dihubungi melalui WA dan Instagram.