Tahukah, bahwa memulai sebuah usaha harus memenuhi segala perizinan yang telah disyaratkan. Salah satunya, yakni izin komersial atau izin operasional. Untuk bisa mendapatkan izin tersebut, pelaku usaha harus mendapatkan izin usaha dan juga NIB.

Akan tetapi izin usaha dan komersial ini berbeda, untuk itu perlu diketahui perbedaan izin usaha dan izin operasional. Nantinya izin operasional ini menjadi pintu dari segala kegiatan komersial produk yang dijual. Pahami arti dari izin operasional berikut ini!

Definisi Izin Operasional/Komersial

Secara bahasa, komersial adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan jual beli atau perdagangan atau perniagaan. Izin komersial yang dipakai untuk usaha disebut juga izin operasional. Karena, memudahkan operasional kerja perdagangan sebuah badan usaha.

Kemudian, izin komersial adalah izin yang harus didaftarkan untuk keperluan operasional usaha. Surat izin tersebut akan diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) yang diberikan oleh pelaku usaha yang memenuhi syarat. 

Perbedaan Izin Operasional dan Izin Usaha

Syarat untuk membuat izin operasional harus menyertakan dengan izin usaha. Adapun terdapat perbedaan antara izin operasional dan izin usaha. Beberapa perbedaan yang dimaksudkan, antara lain:

1. Alur Pembuatan

Alur pengurusan atau pembuatan izin usaha ini berbeda dengan izin operasional. Pengurusan izin usaha harus dilakukan saat pelaku usaha hendak mendirikan sebuah usaha. Sedangkan, operasional dapat diurus ketika sebuah perusahaan telah memiliki izin usaha.

2. Bentuk Komitmen yang Berbeda

Perbedaan berikutnya, yakni ada pada bentuk komitmen dari kedua izin tersebut. Komitmen dalam izin usaha lebih bervariatif daripada izin operasional. Sedangkan dalam izin operasional hanya ada dua, yakni:

  • Sertifikasi standar dan lisensi.
  • Daftar barang, produk atau jasa.

Manfaat Izin Operasional/Komersial

Adanya surat izin operasional ini oleh para pelaku usaha mampu menyesuaikan kegiatan operasional bisnis sesuai dengan standar. Selain itu, ada beberapa manfaat serta fungsi dari surat izin tersebut.  Adapun manfaat adanya surat izin operasional, yakni:

1. Salah Satu Syarat Kegiatan Usaha

Salah satu manfaat yang bisa ada dari membuat surat izin operasional, yakni untuk memenuhi syarat kegiatan usaha. Hal ini berguna untuk menunjang perkembangan usaha yang berdiri. Adanya izin ini juga dapat menjadi sebagai syarat pengajuan kredit modal usaha.

Kebanyakan pengajuan kredit modal usaha mensyaratkan izin usaha dan juga izin operasional. Tentunya ini sangat membantu perkembangan usaha yang dilakukan. Jadi, surat izin ini bukan hanya penggugur syarat untuk kelancaran usaha saja.

2. Bukti Perlindungan Hukum

Karena sudah tercatat secara legal di Lembaga OSS, perusahaan akan mendapatkan perlindungan hukum. Jadi, segala kegiatan komersial bisnis akan terhindar dari tindakan penertiban. Karena kegiatan tersebut sudah tercatat secara resmi di pemerintahan.

3. Salah Satu Syarat Untuk Ikut Lelang

Mengikuti lelang menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan memenangkan tender. Umumnya, dalam lelang atau tender ini mensyaratkan peminatnya harus memiliki surat bukti legalitas usaha. 

Adapun surat bukti legalitas usaha ini dapat menunjukkan dengan adanya surat izin operasional. Dengan ini, surat izin operasional bisnis kedudukannya sangat penting untuk dimiliki sebuah perusahaan.

4. Langkah Pengembangan Usaha Secara Internasional

Adanya surat izin operasional akan memperluas jangkauan pemasaran hingga ke luar negeri atau secara internasional. Karena, izin operasional menjadi salah satu syarat dalam melakukan kegiatan ekspor dan juga kegiatan impor. 

5. Meningkatkan Kredibilitas

Memiliki izin usaha dan izin operasional akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang kredibilitasnya baik, maka semakin meningkat kepercayaannya oleh para klien maupun calon klien. Tentunya mereka tidak akan ragu untuk memilih produk atau jasa yang ada.

Mengurus Dokumen Legalitas di Legalist Saja!

Anda bingung atau tidak memiliki waktu untuk mengurus izin komersial perusahaan? Solusinya, yakni di Legalist saja! Legalist merupakan jasa pengurusan dokumen legalitas perusahaan. Pasti pengerjaanya sangat cepat dengan harga relatif murah.

Jasa legalitas ini terbukti telah memberikan pelayanan yang tepat dan sesuai keinginan klien. Tenang saja, semua prosedur yang ada di Legalist telah sesuai dengan prosedur pemerintah. Tidak perlu ragu lagi! Cukup penuhi semua persyaratannya!

PENUTUP

Izin komersial merupakan izin yang dipergunakan untuk segala bentuk kegiatan operasional perdagangan. Memiliki izin operasional akan membantu perkembangan usaha. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pengurusan legalitas, kunjungi Legalist.